Kamis, 25 September 2014

CISAK PART 3 : Persiapan Keberangkatan; Korea I'm coming~

Allah Maha Baik,
Ia ciptakan skenario persiapan keberangkatan yang begitu menarik sehingga sulit kulupakan hingga saat ini :)

Apa yang harus kita siapkan untuk dapat ke Luar Negeri -khususnya Korea Selatan- :
1. Paspor
Pembuatan paspor di kantor imigrasi memerlukan waktu 5 hari kerja. Jadi begini, ketika hari senin kita mengumpulkan berkas (foto kopi KTP-jgn digunting ya KTPnya-, fotokopi KK, fotokopi Akte) dan mengisi form yang tersedia, maka kita harus langsung membayar di Bank BNI sebesar Rp260rb (saat itu) sehingga kita menerima tanda terima dan tanda terima itu kita berikan kembali ke kantor imigrasi untuk selanjutnya ditentukan tanggal wawancara dan foto. Biasanya 2hari setelah itu, yaitu hari rabu. Dihari rabu kita diminta untuk foto, finger scan, dan wawancara yang hanya formalitas aja (gak susah kok). Selanjutnya kita diberi nomor paspor dan tanggal pengambilannya, biasanya 2 hari berikutnya yaitu hari jumat. Pada hari jumatnya, dengan membawa kertas berisikan nomor tadi maka kita dapat memperoleh paspor kita. *yiipiii*

2. Tempat tinggal, transportasi, tiket pesawat dan uang pegangan
Merupakan hal yang paling ribet, karena pertimbangannya itu ya uang. hahhaa. Alhamdulillah, dengan kecanggihan internet saat ini, mudah bagi saya mengakses tempat tinggal, transprtasi dan tiket pesawat kesana. situs web yang saya pilih adalah : hostelbookers.com disana saya memilih Traveller A Guest house sebagai tempat tinggal kami selama 2 hari di Seoul dan untuk 3 hari di Daejeon, kami mendapat bantuan dari panitia disana untuk membooking tempat tinggal. Lagi-lagi kemudahan yang kami peroleh :)
Tiket pesawat, tentunya kami memilih terbang bersama Air Asia, kenapa? tentunya karena lebih murah, kami mendapat harga 5,5 jt untuk PP palembang-Kuala Lumpur-Incheon. sebenarnya ada harga yang lebih murah 2jt, 2,8jt, 4,8jt tapi karena kami memesan 1 bulan sebelum keberangkatan maka harganya tidak lagi murah. yah begitulah kehidupan. :)
Uang pegangan? aku menukar sebanyak 2,8 jt ke dalam bentuk won yang menghasilkan 225rb won. ada kok tempat penukaran uang di palembang, yaitu di PT Haji La Tundrung dan Money Changer di arah toko Jhon Pasar raya Bandung *pergi deh tanya sama ibumu, pasti tahu*

3. Visa
Merupakan bagian yang gampang-gampang susah. karena ini bagian paling menentukan. ada juga orang yang visanya ditolak *waduh*. Untuk itu mari teman-teman cermati hal-hal apa saja yang diperlukan untuk membuat visa Korea Selatan :
- Paspor dan foto kopinya
- Surat Referensi Bank beserta rekening koran (saldonya gak perlu 50jt seperti yang orang bilang kok, kami hanya punya 9jt di tabungan dan Alhamdulillah itu cukup)
- Surat keterangan Mahasiswa dalam bahasa inggris
- Surat keterangan dari orang tua bahwa beliau yang akan menanggung biaya kepergian anaknya dan meyakinkan bahwa anaknya akan pulang setelah acara konferensi selesai.
- itinerary perjalanan
- tiket pesawat (boleh yang pergi dulu)
- bukti reservasi hotel
- Surat undangan dari panitia yang mengundang
- foto (untuk kedubes korea gak harus berlatar putih)

jika masih kurang jelas silahkan hubungi saya atau langsung telpon ke kedutaan korea selatan (tapi mba2 nya agak jutek loh).

dan setelah berkas telah rampung, maka kita bawa ke kedutaan korea selatan yang ada di jakarta. kita boleh minta diwakilkan dengan memberikan surat kuasa kepada yang akan mengirim berkas. setelah itu tunggu selama 10 hari dan akan ada pemberitahuan dari kedubes korea bahwa visa kita telah jadi dan siap diambil.
ohya biaya visa itu 480rb loh.

Kalo dihitung-hitung banyak sekali ya pengeluarannya, tapi tenang kami mendapat banyak sponsor, yaitu dari PGN, Dinas Pertambangan dan Sumberdaya Energi Palembang, Lembaga kami, dan PT Pusri.

4. Googling tentang kehidupan di korea dan tempat-tempat menarik disana
selama lebih kurang 2 minggu aku mencari thau mengenai hal ini, mau kemana aja dan belanja yang murah dimana, persis deh kayak jadi tour guide gitu. ohya kaliana perlu print subway map kota seoul, dan pelajari selama 3 hari 3 malem biar waktu di TKP langsung bisa tancap gas dan gak kebingungan lagi.

5. Perhitungkan biaya secara rinci

Hal beginian yang paling aku suka, hahaha. kalo dihitung-hitung untuk 6hari disana kami menghabiskan uang 4jt rupiah. lumayan sih karena kami sudah dapat sponsor jadi kami hanya mengeluarkan 2 jt rupiah saja , hahaha..
kalo tidak mau ribet ngitung bisa asumsikan dalam 1 hari itu 800 - 1 jt rupiah uang yang bisa kita habiskan, termasuk biaya hotel, transport, makan dan kebutuhan lainnya.

Apa lagi ya? mungkin akan saya perbaharui jika masih terdapat hal penting yang lupa dicantumkan. Terima kasih.
Lanjut yuk ke part 4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar